Daftar Harga Kanopi Baja Ringan & Tips Membuatnya Lengkap!

Sunday, March 1st, 2020 - Eksterior

Selain menjadikan suasana rumah lebih sejuk dan teduh, kanopi juga memiliki sentuhan dekoratif tersendiri. Kanopi kini tak hanya diaplikasikan di bagian teras saja, tapi juga bisa dipakai untuk area balkon dan garasi rumah.

Umumnya, orang-orang lebih sering menggunakan kanopi berbahan kayu sebagai rangka atap. Meski terlihat cantik untuk eksterior, namun kanopi berbahan kayu ini sangat mudah lapuk akibat cuaca dan rayap.

Nah, jika kamu ingin terhindar dari masalah seperti ini, cobalah beralih ke kanopi baja ringan. Kanopi baja ringan memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan kanopi berbahan kayu maupun besi.

Keunggulan Kanopi Baja Ringan

Keunggulan Kanopi Baja Ringan

pinterest.com

Sudah dijelaskan dari awal bahwa kanopi baja ringan lebih unggul jika dibandingkan dengan kanopi berbahan kayu atau besi. Jika masih ragu, coba simak 7 keunggulan yang akan kamu dapatkan dengan memilih kanopi baja ringan.

Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kanopi baja ringan anti karat

Salah satu kelebihan material baja ringan dibanding besi adalah tidak berkarat. Saat pembuatan, baja ringan sudah diberi pelapis anti karat yang terbuat dari karbon, zinc, dan aluminium zinc.

Karena itulah kanopi baja ringan sangat cocok digunakan di bagian garasi yang sering terkena panas dan hujan. Selain awet, kamu juga tidak perlu melakukan perawatan secara rutin sehingga lebih menghemat biaya.

2. Kanopi baja ringan anti rayap

Selain anti karat, kanopi yang terbuat baja ringan juga anti rayap. Sangat berbeda dengan material kayu yang mudah rusak dan lapuk akibat dimakan rayap.

Material baja ringan yang anti rayap tentu lebih awet dalam jangka waktu yang lebih panjang. Kamu juga tidak perlu repot untuk mencari cara membasmi rayap.

3. Kanopi baja ringan memiliki sifat non-combustible

Kanopi baja ringan memiliki sifat non-combustible yang artinya tidak bisa membesarkan api. Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di rumah, material baja ringan ini tidak akan membuat api semakin besar dan menjalar.

Dibandingkan kanopi berbahan kayu yang mudah terbakar, kanopi baja ringan tentu lebih aman. Setidaknya kamu punya waktu sedikit lebih lama untuk menyelamatkan diri dan barang berharga saat terjadi kebakaran di rumah.

Selain itu, proses pemadaman pun jadi lebih mudah dan cepat berkat material baja ringan yang tidak memperbesar api.

4. Kanopi baja ringan tidak memuai dan menyusut

Satu lagi keunggulan dari kanopi baja ringan yaitu memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap perubahan cuaca. Jika material kanopi lainnya memuai dan menyusut akibat perubahan cuaca, kanopi baja ringan tetap bertahan dengan ukuran semula.

Bentuk kanopi baja ringan juga tidak akan pernah berubah apalagi mengurangi estetika dan keamanannya.

5. Pemasangan kanopi baja ringan mudah dan cepat

Dilihat dari segi biaya pemasangan, kanopi baja ringan memang lebih murah dibandingkan kanopi berbahan besi. Berkat bobotnya yang ringan, proses pemasangan kanopi baja ringan bisa lebih cepat selesai.

Apalagi kanopi baja ringan cukup mudah dirakit menggunakan baut khusus, tidak seperti kanopi besi yang harus dirakit menggunakan mesin las.

Proses pemasangan yang mudah dan cepat ini sangat menguntungkan bagi kamu menghemat dana untuk membayar jasa pekerja.

6. Cocok untuk berbagai jenis penutup atap

Kanopi berbahan lain seperti kayu dan besi mungkin hanya mendukung beberapa jenis genteng saja. Berbeda dengan kanopi baja ringan yang cocok untuk berbagai jenis penutup atap.

Mulai dari genteng keramik, genteng beton, hingga genteng metal semuanya bisa kamu aplikasikan pada kanopi baja ringan ini.

7. Banyak pilihan material dan kuda-kuda

Di Pasaran, kanopi baja ringan tersedia dalam berbagai jenis material yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Diantaranya adalah galvalume, galvanis, dan zincalume. Selain materialnya, kanopi baja ringan juga tersedia dalam berbagai jenis kuda-kuda.

Mulai dari kuda-kuda berukuran 6-8 meter untuk bentang kecil, ukuran 8-10 meter untuk bentang menengah dan 10-12 meter untuk bentang lebar.

Kamu juga bisa pilih kuda-kuda bentang khusus dengan ukuran lebih dari 12 meter untuk kanopi baja ringan lainnya.

Tips Memilih Kanopi Baja Ringan

Tips Memilih Kanopi Baja Ringan

pinterest.com

Tidak hanya modelnya yang beragam, desain kanopi baja ringan juga sangat bervariasi. Sebagai struktur atap pelindung rumah, memilih baja ringan untuk kanopi tentu tak boleh sembarang.

Supaya kanopi yang kamu pasang sesuai rencana, yuk simak 6 tips memilih kanopi baja ringan berikut ini.

1. Ukur lahan yang akan dipasang kanopi

Ukur dengan baik luas lahan yang akan dipasangi kanopi, entah itu di halaman depan, halaman belakang, teras, atau carport rumah.

Pengukuran ini merupakan tahap awal untuk meminimalisir kesalahan saat proses pemasangan kanopi baja ringan. Saat pengukuran, perhatikan juga detail panjang, lebar, tinggi, serta overstek yang diperlukan.

Jadi saat membeli material kanopi baja ringan nanti, kamu sudah tau ukuran dan berapa banyak baja ringan yang akan dibeli.

2. Tentukan rangka kanopi

Rangka kanopi baja ringan setidaknya memiliki tiga model yang bisa kamu pilih. Diantaranya adalah baja ringan rangka single, baja ringan rangka double, dan baja ringan rangka cremona.

Ketiga model rangka kanopi baja ringan tersebut bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis penutup atap. Setiap model tentu punya kualitas berbeda-beda. Dan semakin tinggi kualitasnya, maka semakin mahal pula harganya.

3. Tentukan jenis penutup atap kanopi

Untuk kanopi baja ringan, ada beberapa model penutup atap yang bisa diaplikasikan. Mulai dari atap spandek gelombang, genteng metal, atap go green, atap solartuff atau alderon, dan atap polycarbonate.

Setiap jenis penutup atap ini punya kualitas dan keunggulan yang berbeda-beda. Harganya pun sangat beragam, jadi kamu harus menyesuaikan dengan budget yang ada.

4. Tentukan model kanopi baja ringan

Supaya hasilnya sempurna, sebaiknya pilih model kanopi baja ringan yang sesuai dengan konsep dan desain eksterior rumah. Jika rumahmu bergaya minimalis, maka pilihlah model kanopi baja ringan minimalis.

Selain mempertegas konsep rumah, desain kanopi yang selaras juga bisa menyempurnakan tampilan rumah secara keseluruhan. Meski lebih familiar untuk model minimalis, bukan tidak mungkin kanopi baja ringan bisa dibuat dengan konsep klasik.

Untuk menampilkan kesan klasik, kamu bisa gunakan rangka cremona dengan penutup atap genteng metal yang warnanya senada dengan konsep rumah. Hasilnya pun tidak kalah keren dan tidak mengecewakan.

5. Kualitas kanopi

Dalam memilih kanopi baja ringan, kamu perlu mempertimbangkannya secara matang. Bukan hanya soal keindahannya saja, tetapi juga dari segi kualitasnya.

Pilihlah kanopi baja ringan yang sudah terbukti berkualitas bagus, tidak mudah pecah, dan tahan lama. Dengan begini, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengganti kanopi dalam jangka waktu yang dekat.

6. Tentukan anggaran biaya

Hitung berapa banyak banyak biaya yang dibutuhkan untuk membangun kanopi baja ringan. Budget yang disiapkan harus sesuai dengan desain kanopi, model rangka, kualitas material, hingga penutup atap.

Jangan sampai biaya pembuatan melewati budget dan akhirnya malah membengkak. Tapi, jika kamu tidak peduli berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan, mungkin tips terakhir ini bisa dilewatkan.

Selain biaya pemasangannya lebih murah, material kanopi baja ringan juga lebih terjangkau dibandingkan material kanopi lainnya.

Jadi selain ringan, awet, dan tahan lama, biaya yang sangat terjangkau menjadi alasan mengapa kanopi jenis ini banyak peminatnya. Nah buat kamu yang tertarik memasang kanopi di rumah, berikut daftar harga kanopi baja ringan per meter.

Baca Juga : Atap Baja Ringan

Harga Kanopi Baja Ringan

pinterest.com

Daftar Harga Kanopi Baja Ringan Per Meter Terbaru

Jenis Rangka KanopiJenis AtapHarga Per Meter
Baja Ringan Double (profil c7d reng 33)Go GreenRp 315.000
Baja Ringan Double (profil c7d reng 33)Spandek / ZincalumeRp 330.000
Baja Ringan Double (profil c7d reng 33)Xlite 5 mmRp 345.000
Baja Ringan Double (profil c7d reng 33)PolycarbonateRp 350.000
Baja Ringan Double (profil c7d reng 33)Solarite 5 mmRp 365.000
Baja Ringan Double (profil c7d reng 33)OndulineRp 370.000
Baja Ringan Double (profil c7d reng 33)Twinlite 5 mmRp 400.000
Baja Ringan Double (profil c7d reng 33)AlderonRp 550.000

Jenis Kanopi Baja Ringan

1. Kanopi baja ringan minimalis

Kanopi Baja Ringan Atap Kaca

pinterest.com

Kanopi baja ringan minimalis didominasi dengan garis lurus yang kaku. Tanpa adanya sedikit pun lekukan yang menjadi pemanis dan aksen berbeda.

Meski begitu, model kanopi baja ringan minimalis ini tetap modern dan tidak terlalu ribet. Dan yang pasti, tampilannya sangat selaras dan menyatu dengan keseluruhan desain eksterior rumah.

2. Kanopi baja ringan sederhana

Kanopi Baja Ringan Sederhana

pinterest.com

Tidak jauh berbeda dengan kanopi minimalis, kanopi baja ringan model sederhana juga tidak terlalu ribet. Model kanopi baja ringan ini bisa kamu contoh untuk inspirasi di depan rumah. Untuk material atapnya, kamu bisa gunakan atap polycarbonate atau spandek.

Model kanopi baja ringan sederhana ini juga sering digunakan pada rumah type 36 dan 45 untuk area carport atau garasi.

3. Kanopi baja ringan atap kaca

Kanopi Baja Ringan Atap Kaca

pinterest.com

Model kanopi baja ringan dengan atap kaca transparan ini cocok dengan gaya minimalis. Kesannya yang elegan dan menawan dapat menjadikan tampilan rumah semakin indah.

Sangat pas jika diaplikasikan di depan rumah sebagai pelindung garasi. Hanya saja, kanopi baja ringan model ini adalah tidak mampu menahan sinar matahari secara maksimal.

Jadi suasananya akan sangat panas saat siang hari.

3. Kanopi baja ringan model cremona

Kanopi Baja Ringan Model Cremona

pinterest.com

Kanopi baja ringan model cremona ini menampilkan kesan klasik dan minimalis. Kanopi ini menggunakan atap go green warna putih yang senada dengan keseluruhan rumah.

Selain atap go green, kamu juga bisa gunakan atap spandek, atap alderon, dan atap polycarbonate. Kanopi baja ringan model cremona ini tentu sangat cocok kamu jadikan pilihan.

4. Kanopi baja ringan model gantung

Kanopi Baja Ringan Model Gantung

pinterest.com

Kanopi baja ringan juga bisa dibuat tanpa tiang. Kanopi seperti ini dikenal dengan model gantung. Beban kanopi dan rangka baja ringan di tahan dengan seutas tali baja.

Kanopi baja ringan model gantung ini sangat cocok untuk lahan yang sempit. Selain tak memakan tempat, kanopi baja ringan model gantung juga membuat rumahmu semakin indah.