30+ Hiasan Dinding Kelas dari Kertas Origami ( SD & TK )

Monday, December 16th, 2019 - Dekorasi

Hiasan Kelas – Tidak hanya berbagai ruangan atau tempat tertentu saja yang tampilannya peruli dibuat menarik dengan aneka hiasan. Ruang kelas yang umumnya digunakan sebagai tempat belajar dan mengajar juga perlu dihias.

Ada banyak sekali manfaat dan tujuan dari dibuatnya hiasan kelas, tidak sekedar untuk meramaikan suasana, tetapi juga mengembalikan semangat belajar di kelas.

Pengertian dan Tujuan Hiasan Kelas

Hiasan Dinding Kelas

Hiasan memiliki makna yang hampir mirip dengan dekorasi karena keduanya merupakan kegiatan untuk membuat suatu tempat atau ruangan menjadi tampak indah.

Kegiatan ini berhubungan dengan berbagai hal yang kreatif. Serta memanfaatkan segala sesuatu yang tidak berguna menjadi berguna sebagai penambah keindahan suatu ruangan atau tempat.

Kelas umumnya memang dibuat tampak normal, dengan cat polos, dan cenderung membosankan. Tampilan kelas seperti ini bisa menyebabkan para murid kehilangan gairah dan konsentrasi untuk belajar terutama sedang dalam proses pemberian materi oleh guru. Dari sinilah muncul tujuan hiasan kelas perlu diterapkan agar ruang kelas terlihat lebih menarik.

Selain indah dan menarik, kelas yang didesain secara kreatif juga menimbulkan kesan yang unik. Hasil karya hiasan yang dibuat oleh para siswa sendiri menunjukkan bahwa mereka memiliki bakat sehingga perlu dikembangkan.

Suasana kelas pun tidak membosankan lagi ketika terdapat beberapa hiasan yang ada di kelas, bisa berupa berbagai hal, tumbuhan, atau lainnya.

Jenis Hiasan Kelas

Jenis Hiasan Dinding Kelas

Sebelum memulai menghias kelas, Kamu harus menentukan jenis hiasan apa yang paling cocok untuk dipasang di berbagai sudut kelas terlebuh dahulu.

Kamu bisa memilih jenis hiasan yang mahal dengan membelinya, atau membuatnya sendiri dengan bahan sederhana lebih murah. Berikut ada berbagai jenis hiasan kelas yang bisa Kamu jadikan inspirasi untuk mendekorasi :

1. Hiasan Kelas Menggunakan Kertas Origami

Hiasan Kelas dari Kertas Origami

Kertas origami merupakan jenis kertas yang memang digunakan untuk membuat kerajinan tangan dengan melipat kertas.

Bahan kertas ini dibuat warna-warni dengan ukuran persegi yang kecil sehingga hasil kerajinan lipat cenderung berukuran kecil. Kertas origami sangat bagus jika digunakan untuk menghias kelas karena bisa dilipat menjadi karakter unik.

Kertas origami berbentuk aneka karakter sangat cocok untuk Kamu gunakan sebagai hiasan jendela kelas. Tempelkan hiasan tersebut secara acak agar tampak lebih indah dan cukup kreatif.

Contohnya ketika Kamu membuat karakter burung dengan kertas origami, buatlah dengan warna yang berbeda agar burung nampak seperti terbang dan berkeliaran di jendela

2. Contoh Bentuk Hiasan Kelas Menggunakan Kertas

Hiasan Kelas dari Kertas

Ada banyak sekali hiasan kelas yang umumnya dibuat dari kertas karena selain lebih mudah dibentuk sebagai kerajinan, kertas juga mudah dan murah untuk didapatkan.

Mengingat jenis kertas juga memiliki banyak ragam yang semuanya pun dapat digunakan sebagai kerajinan tangan.

Beberapa contoh kerajinan tangan atau hiasan kelas yang bisa dibuat menggunakan kertas yakni karakter burung, kupu-kupu, katak, angsa, perahu, dan sebagainya.

Semua karakter tersebut bisa dibuat menggunakan beragam jenis kertas, seperti kertas origami, kertas kado, koran, dan lainnya.

3. Hiasan Kelas Bertema Animasi Kesukaan Anak

Hiasan Kelas Karakter Animasi Kesukaan Anak

Kelas yang memiliki tema animasi juga cukup seru dan biasa disukai anak-anak, Kamu bisa membuat hiasan seperti ini dengan cara melukis atau menggambar.

Karakter yang seringkali disenangi anak adalah gambar tokoh kartun, seperti upin ipin, naruto, boboboy, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menggambar atau melukis karakter tersebut di atas kanvas, agar lebih menarik Kamu juga dapat melukis bersama graviti di sebagian dinding ruang kelas. Semua teknik menghias bisa Kamu tentukan bersama teman dan guru kelas.

4. Hiasan Kelas Menggunakan Barang Bekas

Hiasan Kelas dari Barang Bekas

Ide paling kreatif yang pernah ada yakni menghias kelas dengan berbagai barang unik yang terbuat dari barang bekas.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis barang bekas, seperti spion motor atau mobil, tutup botol, stik eskrim, dan banyak lagi. Kamu bisa membentuk berbagai jenis barang bekas tersebut menjadi miniatur unik atau karakter yang lucu.

Kamu bisa memasang hiasan barang bekas di kelas dengan posisi yang tepat, seperti di jendela untuk hiasan yang terbuat dari kertas bekas. Sementara hiasan lain yang terbuat dari tutup botol bekas atau stik eskrim bisa Kamu tempelkan di sisi dinding kelas pada bagian tertentu.

Ide Hiasan Dinding Kelas

Ada banyak sekali model hiasan kelas yang bisa Kamu jadikan inspirasi untuk memperindah ruang kelas tempat belajar atau mengajarmu.

Jika Kamu belum mengetahui cara membuatnya maka lihat cara membuat hiasan tersebut, serta ketahui beberapa ide menarik dari hiasan dinding kelas di poin-poin berikut ini.

1. Kupu-Kupu Warna-Warni

Kupu Kupu warna warni

Kerajinan kertas lipat sangatlah bermanfaat untuk dijadikan sebagai hiasan di dinding kelas. Karakter kupu-kupu bisa dibuat dari kertas origami dengan berbagai warna, kemudian ditempelkan di dinding dengan menyusunnya membentuk rangkaian tertentu. Dinding kelas pun tampak seolah sedang dihinggapi ribuan jenis kupu-kupu dengan warna yang berbeda.

Kertas origami berbentuk kupu-kupu ini tidak hanya bisa Kamu tempelkan di dinding kelas saja, Kamu bisa menempelkannya di atap kelas agar terkesan lebih unik dan sesuai dengan karakter kupu-kupu terbang ke atas.

2. Hiasan Seni Lipat Kertas Memutar

Hiasan Seni Lipat Kertas Memutar

Kamu bisa membuat hiasan dengan teknik paling sederhana namun terlihat sangat cantik dan mewah. Kamu hanya perlu melipat membentuk tekukan pada beberapa kertas dengan beragam warna dan ukuran yang berbeda.

Kemudian Kamu membentuknya secara melingkar dan menempelkan satu ujung sisi dengan ujung yang lain untuk bisa ditempelkan.

Jika Kamu ingin agar bentuk hiasan tersebut bermanfaat maka bisa menempelkannya ke beberapa perabot seperti rak buku, atau tempat spidol dan penghapus agar tampak indah. Sesuaikan ukurannya dengan perabot yang hendak dipasang beberapa hiasan seperti ini.

3. Ranting Kupu-Kupu

Ranting Kupu Kupu

Selain menempelkannya di dinding kelas secara langsung, hiasan kertas lipat berbentuk karakter kupu-kupu juga sangat bagus ditempelkan di setiap ujung ranting pohon.

Teknik untuk menempelkan tersebut dilakukan secara acak dengan warna yang beragam. Hiasan pun akhirnya tampah indah seperti sebuah ranting yang dikerubungi ribuan kupu-kupu.

Ranting yang dihiasi oleh puluhan kupu-kupu ini hanya bisa Kamu tempelkan di beberapa sisi dinding ruangan saja, atau di papan kreasi. Kamu tidak bisa menempel atau meletakkannya dengan cara menggantung di atap atau di jendela kelas.

4. Papan Pengumuman Warna-Warni

Papan Pengumuman Warna-Warni

Hiasan paling menarik yang bisa Kamu gunakan untuk di kelas selanjutnya bisa berupa papan warna-warni yang berisi pengumuman.

Dan dikelilingi oleh aneka kertas dengan beragam tulisan secara acak dengan penempatan yang unik. Kemudian bangku dan kursi kelas bisa dibentuk melingkar atau persegi mengelilingi kelas.

5. Hiasan Dinding Kelas Penuh Stiker Foto

Hiasan Dinding Kelas Penuh Stiker Foto

Jika Kamu ingin yang lebih simpel namun cukup menarik, bisa menggunakan poster, stiker atau foto tiap orang di kelas.

Foto-foto tersebut bisa bebas atau formal dengan ukuran tertentu untuk ditempelkan pada dinding. Cara menempelkan foto harus mengikuti pola tertentu agar menarik dan unik saat dipandang, bisa juga ditempel di salah satu sisi saja.

6. Hiasan Dinding Kelas dengan Kumpulan Klip Berjajar

Hiasan Dinding Kelas dengan Kumpulan Klip Berjajar

Klip board yang biasa Kamu gunakan sebagai alas untuk menulis ternyata sangatlah berguna untuk dijadikan sebagai hiasan ruangan, khususnya dinding kelas.

Susun secara rapi dan teratur papan klip tersebut kemudian berikan kertas atau apapun di atasnya. Ini adalah ide sederhana yang sangat kreatif tanpa memerlukan banyak biaya mahal bagimu.

Susunan papan klip sangat bagus jika Kamu menempelkannya di bagian papan pengumuman, karena selain unik fungsinya juga sangat bermanfaat. Kamu bisa menuliskan informmasi penting apapun untuk menambah wawasan dan pengetahuan apapun di sana.

7. Hiasan Atap Ruangan Kelas

Hiasan Atap Ruangan Kelas

Selain dinding, Kamu juga bisa menghias bagian atap atau plafon ruangan dengan memasang gantungan tertentu.

Susunan gantungan tersebut bisa dibuat mirip di sebuah pesta sederhana, dengan menambahkan lingkaran rumbai dari kertas. Pasang berbagai gantungan tersebut secara acak atau zig zag agar tampilannya kian menarik dan tidak sama

Posisi gantungan jangan diletakkan secara berdempet karena akan cenderung tampak buruk untuk dipandang. Kamu dapat membuat karakter yang berbeda dan beragam dari berbagai gantungan secara acak dan menyebar.

8. Hiasan Karakter Orang

Hiasan Karakter Orang

Menyusun dan menggunting kertas menjadi beragam karakter adalah hal yang paling kreatif sekaligus dengan mewarnainya.

Kamu bisa menghias ruangan dengan menggambar karakter orang dari setiap murid di kelasmu. Kemudian menempelkannya pada papan tertentu. Di bawah setiap karakter bisa Kamu tuliskan setiap nama dari model orang di situ.

Hiasan karakter orang ini bisa Kamu letakkan di papan kreatif atau papan pengumuman, atau sekedar dijadikan sebagai informasi jumlah murid di kelas saja.

Karakter juga dapat ditempelkan di bagian jendela kelas secara menyebar tidak terlalu padat dan beraturan.

9. Hiasan Ruang Kelas Simpel dan Modern

Hiasan Ruang Kelas Simpel dan Modern

Ruangan bisa tampil dengan elegan ketika di dalamnya memiliki bentuk yang tidak biasa. Artinya ruangan tersebut secara umum tidak berbentuk seperti kubus atau balok, tetapi ada bagian tertentu yang menonjol.

Bentuk ini semakin unik jika memiliki beberapa motif sederhana seperti garis-garis, sehingga Kamu hanya perlu menambahkan sedikit hiasan.

Hiasan yang sedikit Kamu tambahkan sifatnya sangat bebas bisa berupa gantungan kertas hias beragam warna yang dililit, atau beberapa karakter hewan dari kertas origami. Letakkan gantungan tersebut dengan jarak yang cukup terpisah jauh.

10. Model Miniatur Rumah-Rumahan

Model Miniatur Rumah-Rumahan

Kelasmu pasti akan sangat unik dan kreatif jika memiliki ikon berupa miniatur rumah-rumahan, yang juga bisa digunakan sebagai tempat hiburan saat luang.

Sebenarnya minatur cocok dibuat untuk menutupi ruang kosong yang tidak terpakai di ruangan kelas. Kamu cukup membuatnya dari susunan dan rangkaian beragam jenis kertas yang diwarna.

Kamu dapat membuat hiasan seperti ini dengan bahan dasar kertas yang cukup besar atau dipasang dengan beberapa sambungan kertas. Kreasi karakter tambahan bisa Kamu tempelkan di seluruh miniatur secara menyebar dan pola acak atau teratur.

11. Hiasan Jendela Kelas dengan Boneka

Hiasan Jendela Kelas dengan Boneka

Hiasan jendela kelas sebenarnya penting diperhatikan agar tidak nampak polos dan membosankan untuk dipandang.

Sangat unik jika Kamu memiliki ide untuk menghias bagian samping jendela dengan boneka berjejer. Kemudian Kamu memanfaatkan bathub toilet untuk dipenuhi oleh benda berbulu seperti boneka. Dan perbaot penuh buku tepat di depan.

Tatanan seperti ini memerlukan ruang yang lebih besar sehingga Kamu perlu menyisakan sebagian di pojok ruangan kelas.

Atau di bagian samping kelas yang terdapat jendela dengan sisi ruang untuk meletakkan jajaran boneka berbulu secara rapi dan teratur.

12. Hiasan dengan Pola Sederhana

Hiasan dengan Pola Sederhana

Ruangan tampak menarik dan nyaman tanpa perlu banyak model hiasan, cukup dengan warna dasar dinding yang cerah serta beberapa stiker tempel di dinding sederhana.

Kemudian Kamu perlu menata perabot dengan membentuk pola tertentu secara rapi agar unik. Beberapa perabot tersebut dipilih dengan beragam warna dan model yang berbeda.

13. Hiasan Loker dan Jamur Buatan

Hiasan Loker dan Jamur Buatan

Untuk membuat ruangan kelas tampak unik dan indah, Kamu tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk membeli peralatan hias.

Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri dengan barang bekas yang tidak terpakai. Misalnya beberapa tumpuk kardus yang dipotong secara acak kemudian disusun menjadi jamur buatan. Serta dengan kertas origami untuk digantung

14. Hiasan Jendela Kelas dengan Karakter Lebah

Hiasan Jendela Kelas dengan Karakter Lebah

Tidak hanya di dalam ruangan, hiasan pun akan sangat menarik jika ditempatkan di luar ruangan serta di bagian tertentu seperti jendela.

Hiasan seperti gantungan karakter adalah ide yang sangat kreatif, Kamu bisa memilih salah satu karakter seperti lebah. Kamu bisa sekedar menempelnya di jendela atau pintu secara acak atau dengan menggantungnya.

15. Papan Polos dengan Penataan Perabot Rapi

Papan Polos dengan Penataan Perabot Rapi

Tampilan kelas yang indah dan cantik tidak akan sempurna jika perabotnya tidak disusun secara rapi sesuai pola tertentu.

Kamu tidak perlu menghias papan pengumuman dengan meriah, tapi dapat menata perabot sedemikian rupa hingga tampaknya unik. Serta menempelkan stiker atau benda tertentu di dinding dengan penempatan posisi yang tepat.

16. Penataan Kursi Berkelompok

Penataan Kursi Berkelompok

Selain menghias bagian dinding atau atap ruangan, suasana lebih menarik dan tampak ceria jika Kamu menata berbagai perabot membentuk pola yang unik.

Misalnya setiap beberapa kursi dikelompokkan dalam satu meja, kemudian terdapat satu kursi untuk mengawasi. Sementara dindingnya dihiasi oleh stiker tempel beragam karakter dan bentuk.

17. Papan Pengumuman Penuh Karakter Kartun

Papan Pengumuman Penuh Karakter Kartun

Jika Kamu menyukai genre kartun maka menjadi ide menarik untuk dijadikan sebagai hiasan kelas khususnya di papan pengumuman atau jenis papan lainnya.

Kamu bisa menghias ruangan dengan berbagai stiker karakter kartun di beberapa sudut saja. Serta di beberapa bagian papan yang digunakan sebagai wadah untuk mempelajari suatu materi utama.

18. Area Kelas Penuh Warna dan Perabot Unik

Area Kelas Penuh Warna dan Perabot Unik

Ruangan kelas juga bisa dibuat menarik dengan perpaduan warna yang berasal dari perabot, misalnya karpet, kursi, papan tulis, kaleder, dan stiker karakter.

Lemari pun bisa menjadi hiasan jika memiliki perpaduan warna sempurana. Dinding ruangan bisa dipenuhi dengan beragam stiker unik tapi informatif, seperti huruf alfabet, hewan, dan sebagainya.

19. Papan Penguman dan Perabot Polos

Papan Penguman dan Perabot Polos

Kelas yang menarik tidak harus dihias dengan beragam warna yang terlalu ramai dan meriah. Kamu bisa menata beberapa perabot dengan rapi dan memberikan sedikit hiasan sederhana pada papan pengumuman.

Kreasikan perabot dengan beberapa peralatan yang bentuknya unik, seperti bingkai foto menarik, pot bunga kaktus mini, atau hal lainnya.

20. Stiker Tempel Dibentuk Secara Manual

Stiker Tempel Dibentuk Secara Manual

Cara kreatif untuk menghias kelas agar unik dan tampil beda dari lainnya adalah dengan membuat stiker secara mandiri.

Kamu dapat menggambar karakter unik kemudian menggunting kertas menyesuaikan bentuk gambar tersebut. Kemudian menempelkannya di dinding kelas bersama hiasan lainnya, mulai dari tulisan berwarna, potret, hingga poster.

21. Papan Pengumuman Klasik Bermotif Polkadot

Papan Pengumuman Klasik Bermotif Polkadot

Saat hendak menghias kelas ada baiknya jika Kamu menentukan motif dan tema utama hiasan. Salah satu motif yang cukup menarik adalah polkadot yang bisa Kamu gunakan untuk menghias papan pengumuman.

Motif ini bisa Kamu jadikan dasar hiasan, kemudian ditambah berbagai potongan kertas yang dibentuk menjadi karakter atau motif unik lainnya.

22. Stiker Berwarna Penuh dan Kertas Hias Bunga

Stiker Berwarna Penuh dan Kertas Hias Bunga

Jika Kamu menyukai hiasan kelas yang cukup ramai, maka bisa menghias dindingnya menjadi colorfull secara penuh di seluruh sisi dinding kelas.

Kamu bisa memenuhi papan pengumuman dengan kertas dan stiker berwarna, serta menempelkan kertas tulisan secara acak. Kemudian menempelkan beberapa kertas yang telah dibentuk mirip bunga di dinding.

23. Lukisan dari Kertas Hias Tempel

Lukisan dari Kertas Hias Tempel

Lukisan tidak selalu bisa dibuat dengan cara melukis, Kamu pun dapat membuat lukisan dengan kertas hias tempel warna-warni yang dibentuk menjadi objek tertentu.

Kertas tersebut bisa Kamu jadikan lukisan pemandangan yang bisa dipajang di beberapa dinding kelas atau untuk menghias papan pengumuman. Cara membuatnya pun sangat mudah.

24. Hiasan Stiker Bergambar di Papan Pengumuman

Hiasan Stiker Bergambar di Papan Pengumuman

Daya tarik utama untuk memperindah kelas bisa diarahkan pada papan pengumuman, artinya Kamu bisa menghias papan tersebut menjadi tempat berkreasi.

Kamu bisa menyusun kreatifitas di papan menggunakan stiker atau kertas yang dibentuk menjadi karakter tertentu. Serta beberapa stiker informasi untuk menambah ilmu serta keindahan.

25. Papan Pengumuman dengan Lemari Buku

Papan Pengumuman dengan Lemari Buku

Penataan perabot kelas yang bagus dan rapi bisa membuat kelasmu tampak indah seperti sedang dihias.

Untuk menambah keindahan, kamu pun bisa menghias papan pengumuman sederhana tepat di belakang perabot kelas seperti rak buku. Kemudian memberikan tambahan berupa tulisan potret atau stiker yang ditempelkan di papan pengumuman.

26. Stiker Ikan dan Kertas Hias Warna-Warni

Stiker Ikan dan Kertas Hias Warna-Warni

Kamu bisa membuat kelasmu bertema bawah laut dengan menghiasnya secara sederhana.

Kamu akan membutuhkan beberapa peralatan atau bahan seperti stiker ikan kemudian kertas hias atau kertas krep untuk memberikan suasana yang didominasi warna biru dan hijau untuk tanaman bawah laut. Stiker ikan bisa ditempel di dinding kelas dan menyebar.

27. Susunan Stiker Hitam Putih Penuh

Susunan Stiker Hitam Putih Penuh

Stiker yang sederhana pun bisa Kamu sulap dan jadikan sebagai hiasan kelas yang sangat menarik meskipun stiker tersebut hanya berisi tulisan atau angka.

Tidak perlu menggunakan banyak warna yang cukup beragam, Kamu bahkan bisa memilih warna dasar hitam dan putih saja. Sususnlah stiker-stiker tersebut secara acak atau teratur dengan rapi mirip pola.

28. Papan Pengumuman Unik dengan Perabot Lucu

Papan Pengumuman Unik dengan Perabot Lucu

.Hiasan kelas yang terbuat dari berbagai bahan yang sederhana, dan cara membuatnya pun sangat mudah dan praktis yakni menghias papan pengumuman.

Kemudian membuat beberapa rangkaian tulisan yang disusun dengan pola unik dan ditempelkan di dinding kelas. Perabot kelas juga perlu ditata agar tampak indah seperti lampu kelas dan rak peralatan.

29. Kertas Huruf Digantung Acak

Kertas Huruf Digantung Acak

Suasana kelas yang bergaya vintage bisa Kamu desain dengan unik menggunakan kertas dengan tempelan berbagai jenis huruf secara sederhana.

Kamu bisa menggunakan jenis kertas yang mengkilap, atau lainnya yang menurutmu paling sesuai dan menarik. Kertas dengan huruf di depannya bisa Kamu gantungkan secara acak menggunakan bola ball.

30. Dinding Kelas Gaya Klasik

Dinding Kelas Gaya Klasik

Kamu bisa membuat tampilan kelas lebih klasik dengan hiasan yang tidak terlalu meriah, sederhana tapi cukup terlihat elegan.

Kelas bisa dibuat polos atau dengan hiasan asal seperti dinding keramik atau cat biasa dengan warna tertentu. Kemudian menggantungkan lukisan bergaya unik di belakang kelas dan memposisikan benda tertentu dengan tepat.

Cara Membuat Hiasan Kelas

Sebenarnya semua orang bisa mengasah kemampuan kreatifnya untuk membuat aneka kerajinan tangan.

Namun, hanya sedikit orang saja yang sabar menekuninya dan menganggap bahwa bidang tersebut menjadi salah satu yang disukainya.

Ketika Kamu tidak bisa membuat hiasan sendiri untuk kelasmu, maka carilah tutorial untuk membuat hiasan kelas seperti berikut :

1. Tentukan Ide Hiasan yang Hendak Dibuat

Tentukan Ide Hiasan yang Hendak Dibuat

Hal penting yang pertama perlu Kamu tentukan yakni ide hiasan, apa yang hendak Kamu jadikan sebagai barang untuk menghias kelasmu.

Sesuaikan dengan luas kelas serta warna dinding kelas atau hal lainnya yang hendak diberi sebuah hiasan. Jika Kamu memilih hiasan dinding kertas maka bebas untuk memilih model karakter unik yang ditempelkan di dinding.

Ide hiasan ini yang bisa mengarahkanmu untuk membuat beragam karakter dan model unik di ruangan, serta menempatkannya di posisi yang pas untuk dipandang.

Misalnya Kamu ingin ruang kelas bertema olah raga, maka kamu bisa memenuhi ruangan dengan berbagai karakter atau tokoh pesepak bola, atau dengan membuat benda berbentuk mirip bola.

2. Siapkan Bahan Untuk Membuat Hiasan Kelas

Siapkan alat dan bahan

Kemudian Kamu perlu mempersiapkan seluruh bahan untuk membuat hiasan untuk dinding kelas. Contohnya jika

Kamu ingin membuat hiasan ranting kupu-kupu, maka siapkanlah satu buah atau beberapa buah ranting pohon dengan cabang yang bagus. Kemudian siapkan kertas origami warna-warni untuk dilipat menjadi bentuk kupu-kupu dengan jumlah tertentu.

Hiasan yang kreatif tidak akan menghabiskan banyak biaya sehingga Kamu harus memanfaatkan segala yang ada di sekitarmu.

Kamu bisa gunakan barang bekas sebagai bahan utama membuat segala bentuk hiasan, seperti stik eskrim untuk miniatur rumah, tempat penghapus dan spidol, atau berbagai hal yang bisa dipakai dan dijadikan hiasan.

3. Ketahui Tutorial Tepat Membuat Hiasan Tertentu

Macam bentuk hiasan kelas menggunakan kertas origami

Contoh untuk membuat hiasan kini telah beredar sangat banyak, dan kamu bisa dengan mudah mencarinya melalui situs online atau media sosial seperti Youtube.

Di sana Kamu bisa melihat beragam cara melipat kertas berbentuk karakter seperti angsa atau perahu. Sebelumnya Kamu perlu mengetahui ide dan tahapannya melalui informasi yang ada di sini.

Tutorial yang harus Kamu pilih adalah yang spesifik sesuai dengan tema hiasan yang ingin Kamu buat dan dijadikan pajangan.

Misalnya Kamu ingin membuat lukisan sederhana tanpa perlu keahlian melukis atau menggambar, tetapi hanya memanfaatkan kertas hias atau crep warna-warni saja. Kamu bisa menggunting dan membentuknya sesuai bentuk yang tepat.

4. Buat Hiasan dan Warnai Bila Perlu

Desain Hiasan dinding Kelas

Setelah semua siap dengan contoh tutorial untuk membuat hiasan, maka selanjutnya buatlah berbagai model hiasan sesuai dengan yang Kamu inginkan.

Kamu bisa mewarnainya jika dasar hiasan berbentuk polos tidak berwarna. Jika Kamu membuat gambar maka berilah arsir hitam putih atau warnai agar tampak lebih menarik.

Pewarnaan perlu Kamu lakukan jika bahan dasar untuk hiasan yang Kamu pilih berupa kertas polos putih tanpa warna.

Sesuaikan dengan karakter hiasan agar Kamu bisa memilih warna dengan tepat. Beberapa karakter yang perlu diwarnai seperti potongan karakter orang, lukisan berbagai animasi, gambar hitam putih biasa, dan karakter dari kertas lipat.

5. Letakkan dan Susun Hiasan di Posisi yang Tepat

Letakkan dan Susun Hiasan di Posisi yang Tepat

Hiasan yang telah jadi sepenuhnya bisa Kamu susun di beberapa posisi ruang kelas, bisa di bagian dindingnya, jendela, meja, atau di tempat lain.

Sebelum meletakkan atau menempelkan hiasan, sebaiknya aturlah susunan dengan pola atau model tertentu. Kemudian tempatkan pada posisi yang pas dan tepat sesuai dengan benda di sekitarnya.

Hiasan jendela kelas juga perlu Kamu perhatikan mengingat jendela adalah bagian ruangan paling penting yang tampak tidak hanya dari dalam ruangan, tapi juga dari luar ruangan.

Kamu dapat memilih beragam karakter hewan terbang untuk ditempelkan secara acak di bagian jendela, seperti burung, kupu-kupu, lebah, dan lainnya, serta ditambah hiasan lain.

Cara membuat hiasan dinding kelas di atas sebenarnya cukup beragam, tergantung pada tema hiasan yang Kamu pilih.

Lebih sulit ketika Kamu memilih tema atau ide yang sulit tanpa Kamu memiliki kemampuan untuk membuatnya. Contohnya seperti lukisan, yang bisa saja sulit ketika kamu tidak dapat memahami teknik dasar atau apapun berkaitan dengan kegiatan melukis.

Manfaat Hiasan Kelas

Menciptakan suasana belajar yang nyaman memberikan banyak manfaat kepada para siswa di kelas. Salah satu caranya dengan membuat hiasan di setiap sudut kelas agar tampak menarik dan indah.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Kamu dapatkan jika ruang kelasmu penuh dengan hiasan menyegarkan atau unik, dan tidak tampak membosankan, seperti di poin berikut :

  1. Kondisi ruang kelas lebih berwarna jika dihias dengan perpaduan cat warna menarik di dinding kelas, atau bisa juga dengan memasang dinding keramik.
  2. Kelas lebih terasa segar jika di dalamnya dihiasi oleh tanaman atau pepohonan.
  3. Hiasan kelas membuat suasana belajar lebih nyaman sehingga setiap murid bisa berlama-lama belajar.
  4. Suasana yang nyaman dapat membuat pikiran murid tenang dan lebih cepat memahami materi yang diberikan oleh guru.
  5. Jika kelas dihias dengan tanaman bunga atau disertai dengan pengharum ruangan maka dapat menyamarkan bau tidak sedap, khususnya bau keringat setelah beraktivitas.
  6. Para murid akan semakin betah untuk berlama-lama di dalam kelas, bahkan di saat jam istirahat untuk sekedar nongkrong.
  7. Hiasan kelas bisa menghilangkan rasa bosan para murid ketika sedang menghadapi materi yang tidak disukainya.
  8. Membuat hiasn kelas bersama-sama membuat para murid semakin bersemangat dan ceria untuk mengolah dan mengembangkan kreativitas mereka.
  9. Hiasan kelas yang penuh warna bisa membuat suasana kelas lebih hidup dan bersemangat. Para siswa akhirnya dapat lebih ceria dan cepat menangkap beragam materi dengan mudah.
  10. Beberapa bentuk hiasan kelas yang unik bisa mengembalikan mood para murid saat sedang tidak bersemangat, apapun alasannya.

Bagi Kamu yang hendak membuat beberapa macam hiasan kelas sebaiknya perlu mengetahui informasi ide hiasan yang paling unik dan menarik seperti pada poin di atas.

Kamu juga bisa melihat atau membaca tutorial tentang cara membuat hiasan sederhana yang paling mudah, namun bentuknya unik dan indah untuk dipandang.