Bonsai Beringin

Friday, December 20th, 2019 - Dekorasi

Kriteria rumah yang sehat dan indah adalah yang banyak ditumbuhi tanaman hias. Salah satunya adalah bonsai beringin yang saat ini sedang diminati.

Walaupun harganya memang cukup mahal, tapi memberi kepuasaan sendiri bagi yang punya. Seperti menambah nilai estetika, memperlancar sirkulasi udara, serta memberi kesan segar pada rumah.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari jenis, cara menanam dan merawat hingga harganya di pasaran. Jadi, tetap simak sampai akhir yaa.

Jenis Bonsai Beringin

Bernama latin bonsai ficus, ada beberapa jenis beserta ciri-cirinya yang perlu kamu ketahui. Agar tidak salah dan bisa menentukan mana yang terbaik.

  1. Beringin Dollar

Beringin Dollar

Termasuk salah satu yang paling banyak diminati. Bentuknya yang unik, sangat cocok jika diletakkan baik di belakang atau depan rumah.

Namun harganya memang  cukup mahal juga membutuhkan waktu yang lama agar tumbuh besar. Salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah menyambungnya dengan jenis beringin yang lain.

  1. Beringin Di Atas Batu

Bonsai Beringin diatas Batu

Bentuknya yang alami, ringkas dan bagus membuat pohon ini bisa mempercantik dan memberikan kesan mewah pada kebun minimalis kamu. Terdiri dari dua jenis.

Pertama, rock planting yang mana akarnya tidak menembus ke dalam pot. Kedua, on the rock yang akarnya mencengkeram kuat ke dalam batu. Tinggal pilih ingin yang mana.

  1. Beringin Korea

Beringin Korea

Bentuknya berbeda dibanding yang lainnya. Daun yang oval dan sedikit tebal membuatnya terlihat mengkilap. Apalagi jika terkena sinar matahari.

Selain itu batangnya yang tinggi dan nampak seperti air terjun membuat tanaman ini semakin indah.

Jadi apakah kamu tertarik untuk membelinya ?

Letakkan bonsai beringin di tempat yang memiliki pencahayaan seimbang. Jangan lupa untuk menyirami dan merawatnya.

Beberapa keuntungan akan kamu dapatkan, selain status sosial yang naik, tanaman ini bisa dipercaya untuk menghilangkan stress loh.

Cara Menanam Bonsai Beringin

Jika kamu sulit menemukan tempat yang jual tanaman bonsai. Maka membuat versi beringinnya menjadi alternatif yang harus kamu lakukan.

Caranya juga cukup mudah loh. kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Persiapan Awal

Persiapan Awal

Pertama-tama kamu harus mempersiapkan peralatan yang diperlukan.

Seperti bonggol beringin, media atau pot tanaman, kawat stainless berukuran 3 mm dan gunting khusus bonsai. Kamu bisa membeli bonggolnya di toko jual tanaman. Atau bisa menggunakan yang sudah ada.

Perhatikan bentuknya, usahakan memilih bonggol yang besar. Karena nanti akan menentukan bagaimana arah tumbuh bonsai beringin itu sendiri. Jangan lupa juga untuk membeli pupuk.

  • Mempersiapkan Media Tanaman

Mempersiapkan Media Tanaman

Jika tanaman lain membutuhkan banyak unsur hara yang terkandung dalam pupuk agar tumbuh subur. Maka berbeda dengan tanaman bonsai. Justru jika berlebihan maka tidak akan dapat bertahan lama atau tumbuh dengan baik.

Pada proses ini harus kamu lakukan dengan hati-hati. Kamu harus memilih media tanam yang agak padat dengan mencampur tanah humus disertai dengan kerikil kecil.

Atur pupuk dengan takaran yang pas, tidak kurang dan tidak lebih. Jika kesulitan, lebih baik konsultasikan dengan ahlinya.

  • Pemangkasan Akar

Pemangkasan Akar Bonsai

Agar dapat tumbuh subur dan tidak tumbuh berlebih, sebaiknya kamu memangkas beberapa akar yang ada di bonggolnya. Lakukan selama 2-3 minggu. Agar penyebaran nutrisinya sama rata.

Tidak hanya akar, pangkas juga daunnya untuk membantu proses adaptasi tahap awal. Bahkan setelah besar dan tumbuh subur pun kamu tetap harus memangkasnya agar terlihat lebih rapi dan indah.

Pangkas menggunakan gunting tanaman yang sebelumnya sudah disiapkan.

  • Mulai Menanam dan Membentuk Pohon

Mulai Menanam dan Membentuk Pohon

Setelah semuanya peralatan siap. Tanam seperti pada umumnya. Jangan lupa untuk melilitkan kawat stell pada batang. Agar membentuk sebuah bonsai yang unik dan indah sesuai yang kamu inginkan.

Lakukan dengan hati-hati. Usahakan untuk mengikat kawat sekencang mungkin agar lebih cepat terbentuk. Jangan heran, jika pada proses pembentukan ini membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Cara Merawat Bonsai Beringin

Bisa dibilang bahwa ketelatenan dan ketelitian adalah faktor penting yang membuat bonsai tetap hidup. Berikut ini adalah cara merawat bonsai dengan baik dan benar. Jangan sampai salah ya !

1. Memberikan Nutrisi yang Cukup

Memberikan Nutrisi yang Cukup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bonsai memang tidak banyak membutuhkan nutrisi. Tetapi bukan berarti kamu membiarkannya begitu saja.

Sirami dan berikan pupuk agar tumbuh kembangnya tetap terjaga. Tidak ada ketentuan merek tertentu, apapun bisa kamu gunakan.

Asal perhatikan terlebih dahulu takaran dan kandungan potassium, fosfor dan nitrogennya. Karena ketiga bahan tersebut harus ada. Untuk menghemat, bungkus pupuk di dalam kantong teh kemudian taruh di atas tanah tempat menanam bonsai.

2. Lepas Kawat Secara Teratur

Lepas Kawat Secara Teratur

Disarankan untuk tidak melepas kawat hingga bonsai benar-benar terbentuk.  Melepasnya pun tidak boleh sekaligus, harus dilakukan secara berkala. Jarak waktunya juga jangan terlalu dekat. Agar mendapatkan bentuk yang sempurna.

3. Pangkas Daun Bonsai

Pangkas Daun Bonsai

Jangan lupa untuk memangkas daun apabila terlalu lebat. Tapi tetap harus disesuaikan dengan versi miniaturnya. Potong menggunakan gunting khusus bonsai agar tidak ada kesalahan ketika pemangkasan. Mudah bukan?

Sekedar catatan, karena bonsai merupakan tanaman hias yang bentuknya kecil. Maka diperlukan kehati-hatian mulai dari proses penanaman hingga perawatan.

Jangan sampai salah, harus teliti dan telaten. Jika ingin rumah kamu terlihat eksklusif, indah dan segar. Pada proses awal, jangan menaruh bonsai di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Waspada juga terhadap hama yang mengintai. Seperti ulat dan wereng cokelat. Lakukan antisipasi melalui berbagai cara. Pertama bisa dengan pembersihan yaitu menyikat batang bonsai untuk mencegah pertumbuhan jamur. Kedua, memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaanya. Letakkan di luar ruangan selama 2-3 jam dalam sehari.

Berikan insektisida setiap minggu apabila diperlukan. Untuk mencegah terjadinya serangan hama atau serangga. Sambil memastikan bahwa insektisida tersebut aman untuk digunakan. Tanyakan kepada teman atau saudara yang berpengalaman. Bisa juga bergabung ke dalam komunitas agar mendapatkan ilmu yang lebih lengkap.

Bagaimana, apakah kamu siap memiliki bonsai beringin idaman yang membuat rumahmu cantik?

Harga Pohon Bonsai Beringin

Jika berbicara mengenai harga, bisa dibilang sangat bervariasi. Tergantung dari jenis, besar kecil bonggol dan daun, serta keindahan bentuknya.

Namun pada umumnya, dijual dengan harga mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 350.000.000. Carilah toko yang mampu memberikan pelayanan prima kepada kamu. Tanpa perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga.

Sedangkan untuk harga bonsai beringin sendiri berkisar antara Rp. 880.000 hingga Rp. 10.000.000. Tergantung dari bentuk kreasinya.

Karena seperti yang telah diketahui, batang pohon beringin ini bertesktur lentur layaknya karet. Sehingga banyak pihak yang berlomba-lomba untuk mengkreasikannya dan menjualnya agar mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Mahal atau tidaknya sebuah bonsai bisa ditentukan dengan beberapa kriteria. Seperti bentuk bonggol yang besar, batang yang unik dan daun yang lebat.

Bentuk minimalis adalah yang paling banyak diminati hingga saat ini. Karena, disesuaikan dengan bentuk dan konsep rumah sang pemilik. Namun, tak jarang pula yang lebih menyukai bonsai yang menjulang tinggi.

Melihat harga yang fantastis, pastinya kamu juga bisa mengambil kesempatan dengan mencoba bisnis bonsai beringin ini.

Ada beberapa keuntungan, selain peminatnya banyak juga tidak memerlukan banyak pupuk. Hanya kreativitas, ketelatenan dan ketelitian saja.

Banyak Dicari :

  • bonsai beringin
  • bonsai beringin dolar terbaik
  • bonsai beringin dua batang jadi satu
  • gambar bonsai beringin korea
  • harga bonsai santigi
  • tanaman Beringin dolar bagus
Loading...
error: Konten ini dilindungi !!
Silahkan Klik Like Atau (X) Untuk Keluar
×